Senin, 28 Juli 2008

william Shakepeare

Dilahirkan disebuah kota kecil Stratford-upon Avon, Inggris. Ayahnya, John Shakespeare adalah seorang pengusaha kayu dan sarung tangan, sementara ibunya, Mary Arden adalah putri seorang tuan tanah. Tak ada sumber yang pasti yang menyebutkan tanggal lahirnya, selain rujukan bahwa ia dibaptis di Holy Trinity Church pada 26 April 1564. Dan umumnya diketahui bahwa pembatisan dilakukan setelah tiga atau empat hari bayi dilahirkan. Jadi mungkin saja Shakespeare lahir pada 23 april 1564.

Tidak ada dokumen yang merekam secara detil kehidupan masa kecilnya selain diketahui bahwa ia pernah belajar di Stratford Rata PenuhGrammar School dan tidak sempat melanjutkan ke Oxford atau Cambridge, dua sekolah prestisius yang berwibawa di Inggris.

Pada tahun 1580 ia menjadi seorang guru bagi keluarga Roman Catholic Houghton di Lanchasire. Dua tahun kemudian ia menikah dengan Anne Hathaway dan dikarunia tiga orang putri.

Kematian salah satu putrinya diusia 11 tahun mempengaruhi karyanya yang penuh duka dan lara.

Karirnya dimulai sejak ia memutuskan untuk hijrah ke London pada tahun 1582 dan bergabung dalam kelompok teater London.Dua tahun kemudian ia muncul sebagai seorang actor yang disegani dan segera melejit menjadi selebritas di London. Ia disebut sebagai Kings Men.

Betapa nasib telah mengubah semuanya. Iapun dikenal public sebagai seorang penyair, dramawan, actor dan penulis yang tangguh.

Dibalik keberhasilannya sebagai penulis, tersebar isu bahwa ia melakukan plagiat atas karya-karya Edward de Vere, Francis Bacon, Christopher Marlowe, Ratu Elizabeth. Bahkan novelis perancis Voltaire menyebut Shakespeare sebagai pemabuk yang tak jelas juntrungannya ( a drunken savage) . TS Elliot, penyair dan esais asal Amerika, walau terdengar agak sopan menulis :”Kesan saya, tak satupun karya Shakespeare memiliki makna, walaupun tidak bisa disamakan dengan karya yang buruk rupa”.

Bebagai tuduhan itu disebarluaskan oleh kubu oxford yang meragukan kemampuannya dalam menulis, terlebih lagi ia berasal dari daerah terpencil sehingga tidaklah mungkin mempunyai pengetahun yang memadai untuk menjadi penulis hebat. Tentu saja kubu Stanford membelanya, menurut kubu ini Shakespeare adalah seorang jenius yang pernah dilahirkan kota mereka.

Kalau memang benar ia menjiplak karya Edward De Vere , mengapa karyanya seperti Machbet,King Lear tercipta setelah kematian Edward ditahun 1604.Begitu menurut alibi mereka.

Terlepas dari berbagi kontroversi yang menerpa karya-karyanya. William Shakespeare meninggalkan karya-karya yang terkenal luas yaitu, Hamlet, Romeo and Juliet, King Lear, Julius Cesar, Othello, Anthony and Cleopatra. Shakespeare meninggal pada 13 April 1616 meninggalkan karya yang abadi.

Tidak ada komentar: